Saturday 28 June 2014

Rasbora Ekor Gunting




scissortail rasbora

Ikan ini tersebar luas dari sungai Chao Phraya, sungai mekong, Malaysia Sumatera, dan Kalimantan. mempunyai nama ilmiah Rasbora trilineata dan di dunia ikan hias dikenal dengan nama scissortail rasbora atau rasbora ekor gunting. bentuk ekornya memang seperti sebuah gunting.

Ikan mungil ini ternyata bisa tumbuh sampai 16 cm dan dapat dipelihara sampai tiga tahun. suatu umur ikan yang pendek, hampir sama dengan kelompok tetra. Ikan ini adalah mikropredator. di habitat aslinya, mereka memakan beberapa serangga darat atau invertebrata air, dan moluska adalah diet utamanya. tetapi saat dipelihara di akuariumn, ikan dengan mudah beradaptasi dengan memakan pelet.



Membedakan Jantan dan Betina
Ikan betina lebih besar dibanding jantan, dan perutnya terlihat gemuk saat sedang mengandung telur.

Persiapan Induk
Ikan dipelihara dalam jumlah banyak di akuarium atau bak semen. setelah dewasa dapat dipilih indukan yang berkualitas dan mulai dipisahkan untuk dipijahkan.

Bak Pemijahan 
Pemijahan dapat dilakukan di aquarium, kolam semen, atau bak fiberglass

Kualitas Air
Air yang dipakai bersuhu sekitar 22-25 derajat celcius dan pH 6-8 atau memakai air netral 6,5

Pakan
Ikan diberi pakan hidup seperti artemia, kutu air, cacing sutera untuk mempercepat ikan memijah.

Proses Pemijahan
Ikan ini mudah dipijahkan, bahkan tanpa banyak campur tangan manusia. saat kondisinya bagus, mereka akan terus memijah.
mereka mempunyai sifat pemijahan egg scattering, continous spawner, dan no parental care. ikan memijah dengan menyerakkan telur sehingga diperlukan alat peletak telur di dasar, baik buatan maupun tanaman air. tanaman air jenis carpet seperti java moss sangat effectif menyembunyikan telur dari pandangan ikan dewasa yang suka memakan telur.
ikan akan terus memijah tanpa batasan musim dan waktu selama kondisi memungkinkan. induk setelah memijah tidak akan merawat telurnya.

Membesarkan Benih
Telur yang menempel di alat peletak telur atau tanaman air akan menetas sekitar 18-48 jam, tergantung suhu air. ikan mulai berenang bebas 24-48 jam setelah menetas. saat itulah ikan sudah harus diberi pakan berupa emulsi kuning telur atau cacahan cacing sutera.
sampai minggu kedua, ikan sudah dapat diberi cacing sutera utuh.

Fase Kritis
Tahap penting dalam budidaya ikan ini adalah saat menetaskan telur dan membesarkan sampai umur 2-3 minggu.
|

No comments:

Copyright © 2013. Aquascape Design - All Rights Reserved
Re-Design by ArtBAG, Design n Tech | Published by Aquascape Design