Tuesday 15 July 2014

Pencahayaan Aquascape Lebih Detail Part-1

Sumber: Article Superwen

OVERVIEW


Ketika memilih lampu untuk akuarium, banyak hal yang harus dipertimbangkan ketimbang hanya wpg (watt/gallon atau watt/liter)

Faktanya, aturan 2-5 Watt/gallon adalah patokan awal yang SANGAT dasar (aturan ini berbeda2 tergantung dari apa yang dipelihara & siapa yang ditanya), bagaimanapun aturan ini sangat general dan sudah mulai ketinggalan jaman karena teknologi lampu saat ini memiliki variasi Lumen/watt, wavelength/spektrum yang berbeda2, focused lumens, PAR/PUR, dll.

Sayangnya aturan Watt/liter untuk aquarium saat ini masih sering didengungkan dan digunakan walaupun teknologi2 baru pada lampu sudah membuat aturan ini menjadi tidak akurat lagi. Sebagai contoh, lampu LED kualitas baik dengan PAR/PUR yang tinggi hanya membutuhkan sekitar 4% daya dari unit lampu T12 untuk menghasilkan pencahayaan yang sama, dan sekitar 15% daya dari unit lampu T8 atau T12. Walaupun sebenarnya LED yang banyak beredar tidak memiliki output PAR/PUR setinggi itu.

Seperti yang akan kalian baca pada artikel ini, watt adalah pengukuran sederhana untuk energy, BUKAN kualitas cahaya yang dihasilkan. Bahkan Lumen juga tidak digunakan lagi sebagai parameter pengukuran cahaya yang baik karena PAR, PUR, focus, dan restrike.

Banyak faktor lain yang mempengaruhi pencahayaan aquarium ketimbang hanya Watt. Contohnya: Kita tidak bisa membandingkan intensitas lampu MH (Metal Halide) 150W dengan lampu Halogen Outdoor 150W. Juga lampu bohlam pijar 40W dengan lampu ulir hemat energi 40W. Maksud saya terkadang seperti kita membandingan apel dengan jeruk.

Metal Halide


Pertimbangan lain untuk lampu aquarium adalah PUR, PAR, Lumens/watt, dan bahkan ukuran lampu. Sebagai contoh, lampu ulir hemat energy 15W total panjangnya hanya belasan sentimenter dan jika diletakkan dalam reflector akan sangat efisien dalam hal daya yang digunakan dibanding ukurannya. Contoh lain adalah neon T2 yang hanya berdiameter 7 milimeter. Lampu ini akan sangat produktif dalam hal Lumens/watt (73 Lumens/watt), PAR dan tempat yang digunakan.

Neon T2


Penetrasi ke air adalah pertimbangan lainnya. Spektrum merah (wavelength tinggi) memiliki penetrasi yang buruk disbanding spektrum biru yang memiliki frekuensi lebih rendah.

Gambaran diatas hanya penjelasan singkat dari lampu aquarium. Baca lebih jauh untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif.

Penting untuk diketahui pencahayaan adalah sesuatu yang kompleks, dan artikel ini akan memberikan informasi mendalam dengan beberapa pengetahuan dasar. Dengan hanya membaca sebagian tidak akan mendapatkan pemahaman yang baik. Karena itu saya menyarankan untuk membaca keseluruhan artikel (juga link yang tersedia) untuk pemahaman yang lebih detil (mungkin tidak akan selesai dalam satu kali baca)

Saya juga ingin menekankan, selama lebih dari 30 tahun pengalaman saya, pencahayaan adalah subjek yang paling cepat berkembang dalam hobi aquarium dan membutuhkan riset dan konsultasi dari orang lain yang memiliki keahlian sains lebih baik dari saya. Karena itu artikel ini bisa sewaktu-waktu berubah atau diperbaharui.


5 hal paling penting dalam memilih lampu yang dibutuhkan adalah:

  • PUR/Photosynthetically Useful Radiation (mungkin adalah factor terpenting; berhubungan dengan PAR; banyak lampu dengan PAR yang masuk akal, tapi ternyata lebih buruk dibandingkan dengan lampu lain jika mempertimbangkan PUR-nya.
  • PAR/Photosynthetically Active Radiation (penting untuk dimengerti)
  • Lumens/watt
  • Lumens focus (termasuk restrike)
  • Watt (atau watt/liter, bagaimanapun istilah ini sudah banyak diabaikan)


Bagaimanapun juga kelima kriteria lampu aquarium diatas adalah sebuah penyederhanaan, maka dari itu memahami sebaik mungkin aspek-aspek lain dari lampu juga kelebihan-kekurangan tiap tipe lampu, termasuk tipe2 yang sering diabaikan 5-10 tahun kebelakang seperti LED, ulir hemat energy, T2, dll juga penting. Menurut riset saya, lampu ulir hemat energy, T5, T2, dan terutama LED akan jadi lampu akuarium dimasa mendatang, bukan lampu CFL atau yang lain. Walaupun pada akhirnya lampu terbaik yang pernah diciptakan manusia masih tidak ada apa-apanya dibanding cahaya matahari.

|

2 comments:

Unknown said...

Mw tanya bang, kl lampu led 5 watt.. apakah setara dgn t8 10 watt???

Jual Lampu Aquascape said...

.

Copyright © 2013. Aquascape Design - All Rights Reserved
Re-Design by ArtBAG, Design n Tech | Published by Aquascape Design