Thursday 17 July 2014

Pencahayaan Aquascape Lebih Detail Part-2 (Kelvin Rating)

KELVIN RATING

Sumber: Article Superwen

Apa yang dimaksud dengan Kelvin Temperature dari lampu bukanlah interpretasi klasik dari Kelvin itu sendiri (satuan suhu), saya pikir ini harus dipahami sebelum saya menjelaskan apa itu “Kelvin Temperature”

Kelvin (K) digunakan dalam industri lampu untuk membedakan temperatur warna. Temperatur warna yang tinggi diatas 5500K adalah “cool” (warna hijau-biru), dan yang rendah dibawah 3000K adalah “warm” (warna kuning-merah)

Kelvin (K) yang diaplikasikan sebagai satuan temperature warna pada lampu, berasal dari suhu sebenarnya dari black body radiator , yaitu konsep temperatur warna berdasarkan hubungan antara suhu dan radiasi yang dipancarkan oleh suatu material yang dinamakan “black body radiator”. Inilah bagaimana definisi “klasik” Kelvin bisa berhubungan dengan cahaya.
Lihat gambar dibawah ini:





Filamen bohlam pijar sangat gelap, dan dijadikan sebagai “black body radiator”, maka temperatur sebenarnya dari filamen tersebut mendekati temperatur warna dalam Kelvin.

Bohlam pijar memiliki temperatur warna sekitar 3200K, tapi jika dioperasikan pada tegangan maksimalnya. Ketika dioperasikan dibawah tegangan maksimal, filamennya tidak akan panas dan menghasilkan sedikit cahaya. Penurunan suhu filamen juga menurunkan temperatur warna. Tegangan 10% akan lebih merah dibanding pengoperasian pada 100% tegangan.


Beberapa hal penting mengenai Kelvin (K):
Klorofil tanaman menyerap cahaya dengan wavelengths antara 300-700nm. Lampu dengan temperatur sekitar 6500K memiliki keseimbangan spektrum yang baik, karena itu mengapa lampu ini paling baik digunakan untuk tanaman air tawar.

  • Semakin rendah (K) semakin banyak spektrum kuning, lalu merah, seperti lampu 4500K.
  • Semakin tinggi (K) semakin banyak spektrum biru, seperti lampu 20.000K
  • Semakin tinggi (K) penetrasi cahaya ke air semakin dalam, apalagi di air asin, walaupun spektrum merah nya semakin sedikit.
  • Spektrum warna terbanyak yang dapat dilihat mata manusia terdapat pada lampu dengan temperatur warna sekitar 5500K
  • Api lilin = 1850-1900K
  • Matahari (sejam setelah terbit) = 3500K
  • Matahari siang hari (berawan cerah) = 6500K
  • Neon cool white = 4200K
  • Kombinasi spektrum/wavelength yang berbeda bisa menghasilkan temperature warna (K) yang sama; seperti 4+5 dan 1+8 sama-sama menghasilkan 9. Inilah mengapa membandingkan dua lampu 6500K yang berbeda merek bisa memberikan hasil yang berbeda.




Kelvin yang cocok untuk tanaman dan coral

Dibawah ini adalah beberapa observasi saya dan beberapa orang dari komunitas profesional aquarium, sebagian sederhana, dan lainnya berdasarkan percobaan yang lebih terkontrol. Tolong dipahami bahwa ini semua merupakan generalisasi!


  • Lampu 6500K menghasilkan pertumbuhan terbaik untuk seluruh tanaman darat dan sebagian tanaman air (lampu ini biasanya didominasi spektrum merah yang dibutuhkan oleh tanaman tingkat lebih “tinggi”, tapi masih memiliki sedikit spektrum biru 425-500nm. Untuk penetrasi lebih baik dan spektrum yang lebih lengkap, blue actinic, 50.000K/actinic atau LED Royal Blue (445-455nm/100.000K) dapat ditambahkan untuk menyeimbangkan lampu 6500K.
  • Lampu 9000-10.000K juga memberikan tingkat pertumbuhan yang baik, walaupun tidak sebaik 6500K pada aquarium rendah. 9000-10.000K sangat baik untuk pertumbuhan soft coral dan LPS, walaupun lebih lambat untuk SPS pada aquarium laut. Lampu 10.000K merupakan pilihan baik untuk mencapai PAR pada aquarium tinggi dibanding 6500K.
  • Lampu 14.000K (biasanya populer pada Metal Halide dan LED), akan memiliki penetrasi lebih baik dari 10.000K dan masih menghasilkan PAR yang dibutuhkan (ini merupakan lampu “Daylight” tertinggi yang saya rekomendasikan dan masih menghasilkan pertumbuhan yang baik untuk coral). Sangat cocok untuk aquarium dengan tinggi 40-80 sentimeter.
  • Lampu 20.000K sangat biru, dan akan mengeluarkan pigmen fluoresen pada kebanyakan coral. Walaupun banyak test dan observasi jika lampu ini digunakan tanpa kombinasi, SPS coral akan tumbuh lambat bahkan tidak tumbuh (kecuali pada aquarium dengan tinggi lebih dari 65 sentimeter)






Dibawah ini adalah kutipan dari pengalaman mereka terhadap Kelvin Temperature pada aquascape:

“Saya menggunakan lampu Metal Halide 175W 6700K pada aquarium cube 80 liter, dan menggantinya dengan 14.000K hanya untuk melihat perbedaannya. Saya kurang suka penampakan warna biru nya dan membuat warna tanaman tampak aneh. Memang ikan Neon Tetra saya menjadi lebih biru seperti juga pada cupang saya, tapi tanaman terlihat aneh. Saya kembali menggunakan 6700K tadi malam, dan semuanya terlihat lebih baik dengan lampu itu. Pertumbuhan tanaman sangat cepat ketika saya menggunakannya dengan reaktor CO2 yang bagus.

Setelah kembali menggunakan 6700K, tanaman saya terus menerus pearling, dan menampakkan warna natural nya kembali. Kita harus menggunakan spektrum lampu yang tepat – bukan menggunakan apa yang kita senangi.”

--Gary Sanders |

No comments:

Copyright © 2013. Aquascape Design - All Rights Reserved
Re-Design by ArtBAG, Design n Tech | Published by Aquascape Design