Monday 7 July 2014

Perbandingan CO2 System di Aquascape

Karbon Dioksida (CO2) 

Karbon Dioksida adalah gas atmosferik yang terdiri dari dua atom Oksigen dan satu atom Karbon. Campuran kimia yang amat dikenal luas, sering disebut dengan rumus kimianya CO2. Karbon Dioksida adalah bagian dari atmosfer bumi, merupakan gas yang kita keluarkan pada saat bernafas dan digunakan oleh tanaman untuk fotosintesis. Ini adalah gas yang ditambahkan ke air untuk membuat air soda.

Karbon Dioksida dalam bentuk cairan maupun gas, dan juga dalam bentuk padatnya yang umumnya dikenal dengan nama dry ice (es kering) untuk digunakan dalam:

Metalurgi
- Inerting
- Welding
- Heat treating
- Cryo forming

Kertas
- Pencucian kertas
- Kontrol pH dalam Proses Pembuatan Kertas

Kimia dan Petrokimia
- Purging
- Injecting

Elektrik dan Elektronik
- Power generation
- Purging

Agrikultur/Makanan
- Packaging MA/CA (Modified Atmosphere/Controlled Atmosphere)
- Storage MA/CA
- Transportation MA/CA
- Freezing
- Glass house
- Supercritical extraction
- Refrigeration
- Case hardening
- Rats eradication
- Cryogrinding
- Carbonation (sugar)
- Refining (sugar)
- Blanketing
- Purging
- Carbonated soft drink

Medis
- Cryo surgery

Gelas, Kaca dan Lampu
- Bulbs and tube

Lain-lain
- Research
- Purging pipe
- O2 free pressure testing
- Acid controlled
- Road joint removal
- Soil freezing
- Chewing gum removal
- Emergency cold supply
- Cooling cement mix
- Process gas chromatograph
- Laser


CO2 Sebagai Kebutuhan Dasar Tanaman
Carbon dioxide adalah sumber kebutuhan Carbon utama bagi tanaman yang menjadi bahan baku dari proses fotosintesis.

Co2 di ambil melalui somata di daun dan di atur oleh enzim rubisco, kadar co2 di udara/atmosphere adalah sekitar 300-400 ppm(part per million) kotras dengan kandungan di dalam air yang hanya beberapa ppm. Di tambah dengan respirasi dari tanaman dan fauna kenaikan nya tidak seberapa significan .

Tanaman air telah beradaptasi untuk bertahan dalam kadar co2 lebih rendah sebagain tanaman pun memiliki strategi lain seperti Vallisneria, dapat mengambil carbon dari mineral compounds di dalam air yang disebut carbonates. Namun walaupun demikian, utuk tanaman menyokong kebutuhan carbon tanaman yang padat(seperti aquascape di majalah dan display) maka umumnya tambahan karbon di perlukan .

Pengaruh Riak2 Air terhadap CO2
CO2 masuk ke air melalui kontak dengan atmospere/udara, tapi hanya beberapa ppm(part per million) yang dapat di serap, Segaian co2 berasal dari respirasi flora dan dauna di aquarium. Apabila level co2 lebih rendah dari normal, dengan memeberikan pertemuan "contact" dengan udara akan meningkatakan level co2 beberapa ppm, apabila kadar co2 lebih tinggi dari beberapa ppm maka kontak dengan udara akan menyebabkan "kelebihan" co2 terbuang dari air, walau sirkulasi itu penting di aquarium bertanaman, riak2. atau goyang permukan tidaklah di inginkan, apabila kita menambahkan co2 , dengan riak 2 yang besar maka co2 akan terbuang sama cepat nya dengan co2 ditambahakan, Air pump dan air stone/ gelembung udara tidaklah dibutuhkan dan tidaklah diinginkan di aquarium yang menambahkan co2.

Bermacam-macam Bentuk Asupan CO2 di Aquascape

Tablet CO2
Terdapat banyak merk dan tipe tablet CO2 yang beredar di pasaran, tentunya dengan harga yang terjangkau. Walaupun demikian, tentu saja dengan pemakaian rutin, sudah pasti akan tetap menjadi boros, dan apakah benar adanya bahwa tablet CO2 benar-benar dapat memberikan CO2 untuk menunjang kehidupan tanaman? Jika ya, apa benar bisa stabil?


Lihat Videonya:





DIY Yeast CO2
Menurut saya pribadi, cara inilah yang paling efektif bagi anda yang ingin mulai belajar atau pun hanya sekedar coba-coba. Karena walaupun CO2 yang dikeluarkan tidak stabil, anda dapat mengkombinasikan berbagai cara, dan mulai belajar untuk mencoba apa yang harus dilakukan untuk menunjang kehidupan tanaman dengan menggunakan CO2.

DIY co2 dengan reactor yang disambungkan dengan powerhead dibawah 200ltr/hour bisa mengatasi problem kluaran co2 yang tidak stabil, kluaran yang besar diawal akan tertampung di reactor sambil terus dilarutkan sehingga bisa mengkompensasikan kluaran co2 yang lambat di hari2 brikutnya, 1 botol coca cola 1.5 ltr bisa awet sampe 1 bulanan dengan masa optimum 1-2 minggu, cukup untuk tank 60 cm highlight..
paling yang jadi problem cuma waktu bikin sambungan selang di tutup botolny, kalo ga rapi pasti ga tahan lama n bocor trus..

Artikelnya: http://aquascape-design.blogspot.com/2014/06/diy-co2-untuk-aquascape.html#.U7oN0_mSxJ0




Tabung CO2
Apabila anda memang ingin melanjutkan hobi aquascaping, atau mungkin anda yang memiliki budget lebih, tabung CO2 merupakan jalan terbaik. Selain dapat flow control serta ditunjang dengan peralatan yang baik, anda dapat menghemat jauh lebih banyak bila dibandingkan Tablet dan DIY, tentu saja bila dihitung secara jangka panjang.



Artikelnya mengenai harga bisa baca disini: http://aquascape-design.blogspot.com/2014/06/jual-tabung-co2-harga-terbaik-bagi.html#.U6jJRfmSy1L

Alternatif lain bisa pakai tabung CO2 ex. Coca Cola. Bila pakai yang ex O2 / oxygen , repot . 
harus ganti valvenya / kerannya,  kalau Jepang atau USA jauh lebih mahal - beli ditoko alat kesehatan ( O2 ) kan mahal. Beli keran atau mau isi CO 2 Jangan disembarang tempat , karena untuk isi CO 2 dibutuhkan alat / pompa khusus , agar isinya betul2 penuh. Tabung ex O2 / oxygen - bisa digunakan untuk isi CO2 (setelah  kerannya diganti) , tapi ex CO2 jangan digunakan untuk O2 , O2 tekanannya lebih tinggi - bisa meledak. 

Electronic CO2 System
Merupakan sebuah alat yang dijalankan menggunakan listrik untuk memproduksi CO2
Sekarang juga ada Electronic CO2 System. Cara kerja dengan proses elektrolisis carbon block.
Keuntungannya dibanding CO2 tabung hemat tempat & bisa dinyala matikan bareng lampu pakai timer.
Kerugian : berumur sangat pendek (2 - 3 bulan tergantung pemakaian), dan harga replacement CO2 block nya 200 - 300 ribuan (tergantung tipenya.

Investasi awal memang lebih murah Electronic CO2 System tapi untuk jangka panjang lebih murah beli CO2 tabung.




Peralatan CO2 di Aquascape

Regulator CO2
Regulator berfungsi sebagai pengatur besar kecilnya aliran CO2 ke aquascape. Regulator CO2 tidaklah sama dengan regulator O2, jadi tidak dapat sembarang regulator untuk digunakan pada aquascape. Regulator pada umumnya tediri dari :

  • Gauge, meteran isi CO2.
  • Needle Valve, mengatur besar kecilnya CO2.
  • CO2 Output Line, output dari tabung CO2 menuju aquascape.



Regulator CO2 pada aquascape ada 2 jenis yaitu regulator biasa yang dioperasikan secara manual dan Solenoid regulator yang dioperasikan otomatis, yang di kombinasikan dengan timer lampu.




Check Valve
Check Valve pada aquascape berfungsi untuk menjaga aliran CO2 tetap searah dan juga mencegah aliran CO2 yang berasal dari tabung CO2 tidak kembali lagi ke tabung karena tekanan yang kurang dari tabung atau kualitas difusser yang kurang baik. Check valve biasanya di pasang setelah regulator, dari regulator dihubungkan dengan selang menuju check valve. Check valve yang dijual di pasaran terdiri dari 2 jenis bahan, ada yang terbuat dari plastik dan yang terbuat dari besi. Check valve yang terbuat dari besi memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang yang terbuat dari plastik. Karena check valve yang terbuat dari besi lebih tahan bocor ketimbang yang berbahan plastik.





Bubble Counter
Bubble Counter pada aquascape berfungsi sebagai penghitung berapa banyak gelembung yang keluar dari tabung CO2 dengan satuan Bubble per Second (Bps). Bubble counter biasanya dipasang setelah check valve sehingga CO2 yang keluar dari tabung tidak kembali lagi.

Berbagai bentuk dan merek bubble counter  tersedia banyak di pasaran mulai dari yang lokal sampai dengan import. Bubble counter yang banyak dipakai antara lain merek-merek seperti : Ista, Up dan Azoo. Beda merek beda pula harganya, harga menentukan kualitas juga kan. Bubble counter juga memiliki macam-macam bentuk, mulai dari yang sederhana sampai yang keren abis. Nah, yang keren abis ini  biasanya harganya mahal dan bermerek terkenal, seperti bubble counter keluaran ADA.




Lihat Videonya:


Diffuser CO2
Diffuser pada aquascape berfungsi untuk melarutkan CO2 kedalam air sehingga dapat meningkatkan kadar CO2 dalam aquascape. Banyak jenis diffuser pada aquascape seperti  inline diffuser, reaktor dan  diffuser standar. Walaupun banyak jenisnya, inti dari berbagai jenis diffuser diatas memiliki fungsi yang sama.






Lihat Videonya:


Sumber: Artikel-artikel Co2 Untuk Aquascape.

|

4 comments:

wanitanesia said...

aquascape

Mr A said...

Mau tanyak om, ukuran regulator dari co2 tabung ke regulator itu ukuran berapa ya dratnya?

Unknown said...

Apakah gelembung co2 harus menyebar aquarium?

Unknown said...

Co2 Apar bisa digunakan untuk aquascape ngak..?(Bukan tabungnya, tapi Co2nya)

Copyright © 2013. Aquascape Design - All Rights Reserved
Re-Design by ArtBAG, Design n Tech | Published by Aquascape Design