Saturday 28 June 2014

Budidaya Rasbora Harlequin



tampak tengah rasbora harlequin betina
Ikan ini laris manis di dunia ikan hias terutama untuk ekspor ke jepang, eropa, dan amerika sebagai bagian aquascaping.
ikan dengan nama ilmiah Rasbora heteromorpha ini dikenal sebagai harlequin rasbora dan red rasbora. ikan ini terdapat di sumatera dan kalimantan, termasuk di malaysia, singapore, dan thailand. ikan hanya tumbuh sampai 4,5 cm dan berumur maksimal 6 tahun.
Ikan ini bersifat pendamai dan tidak mempunyai tabiat mengigit sirip ikan kecil lain seperti kebanyakan ikan cyprinidae kecil lainnya. ikan ini hidup secara berkelompok dan di akuarium setidaknya dipelihara dalam jumlah 5-6 ekor.
ikan ini adal;ah omnivora dan dapat dibiasakan dengan umpan pelet.

Membedakan jantan dan Betina
Ikan jantan dan betina dibedakan berdasarkan bentukl tubuh. Pada Ikan yang sudah dewasa, pejantan lebih kecil dan ramping sedangkan ikan betina lebih gemuk dibagian perut.
ikan matang kelamin setelah berumur 6-7 bulan.

Persiapan induk
Ikan dapat dikawinkan baik sepasang atau secara massal. sepasang artinya 1 induk betina digabung 2 pejantan dalam satu akuarium.
Bila pemijahan secara masal maka perbandingan 1 betina dan 2 jantan dapat dipakai.

Bak Pemijahan
Pemijahan bisa dilakukan di akuarium atau di kolam semen atau bak fiberglass.
Bila sepasang atau 1 betina dengan 2 jantan maka dapat di pakai akuarium ukuran 50x35x35 cm. untuk pemijahan massal dapat digunakan bak fiberglass atau kolam semen dengan perkiraan setiap pasang indukan mendapat porsi minimal 10 liter air.
Jangan lupa untuk memasukan tanaman air yang mempunyai daun lebar seperti Cryptocoryne dan Aponogeton.

Kualitas Air
Suhu Air yang dibutuhkan Sekitar 22-27 derajat celcius dan pH 6-7,8 atau netral.

Pakan
Ikan dapat diberi pakan pelet halus dan jentik nyamuk atau kutu air untuk merangsang pemijahan.

Proses Pemijahan
Ikan harlequin ini berbeda dengan ikan rasbora yang lain, dimana telurnya melekat pada substrat berupa daun yang lebar sehingga dipilih Cryptocoryne dan Aponogeton. Kedua jenis ini mempunyai helaian daun relatif lebar sehingga cocok untuk melekatkan telur si rasbora. selain itu, kedua tanaman air ini juga secara bersamaan ada di lokasi dimana ikan ini hidup saat di alam.
betina biasanya memilih helaian daun yang digunakan untuk meletakan telurnya. saat itu si jantan akan mengikutinya dan bergabung dengannya di sekitar daun tersebut untuk memijah.
Saat betina meletakan telur di atas daun, secara simultan si jantan melakukan pembuahan. sekitar 6-12 telur diletakan dalam satu kali melakukan ritual ini. ikan akan melakukan ritual ini sampai semua telur betina habis atau sekitar 80-300 butir, tergantung genetik induk betina. waktu yang diperlukan untuk ritual tersebut sekitar 2 jam.
saat ritual selesai, kedua induk harus diambil agar tidak memangsa telur-telurnya.

Pembesaran Benih
Benih akan menetas sekitar 24-36 jam kemudian dan ikan akan berenang bebas setelah 2-3 hari.
ikan mulai diberi pakan infusoria atau emulsi kuning telur sampai usia 1 minggu. pada usia 2 minggu, anakan dapat diberi pakan cacing sutera blender. pada minggu ke-3, anakan sudah dapat diberi pelet yang dihaluskan.

Fase Kritis
Tahap penting dalam budidaya ikan ini adalah saat ikan menetas sampai membesarkan benih hingga usia 3 minggu.
|

No comments:

Copyright © 2013. Aquascape Design - All Rights Reserved
Re-Design by ArtBAG, Design n Tech | Published by Aquascape Design