Thursday 12 June 2014

Udang red cherry: Asupan protein harus tinggi

BUDIDAYA UDANG RED CHERRY

Udang red cherry: Asupan protein harus tinggi

Oleh Fahriyadi, Revi Yohana

Udang red cherry: Asupan protein harus tinggi (2)

Membudidayakan udang hias jenis red cherry tidak terlalu sulit. Udang hias ini bisa dikembangbiakkan di dalam kolam maupun di dalam akuarium dengan hasil yang sama baiknya. 

Dalam usia tiga bulan, udang ini sudah tumbuh maksimal. Pesona udang ini ada pada warna kulitnya yang memikat.

Setiawan Budi, pemilik CV Fajar Alam Jaya Aquatic & Plants di Bandung, Jawa Barat mengatakan, tantangan utama budidaya udang ini terletak pada kemampuan untuk mengeluarkan kemilau warna udang yang sesungguhnya.

"Warna udang yang sesungguhnya akan keluar jika pembudidaya paham merawatnya," kata Budi.

Menurutnya, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan supaya warna red cherry bisa semakin menarik. Diantaranya dengan memberikan cahaya matahari secukupnya, terutama pada pagi hari.

Usahakan suhu udaranya dijaga antara 21 hingga 23 derajat celcius.Selain itu, pembudidaya juga harus melakukan karantina dengan cara tidak mencampurnya dengan ikan hias lain, terutama ketika udang masih berukuran 1 centimater (cm). "Udang tersebut sangat rawan dimangsa ikan hias lain," ucapnya.

Ketika usianya lewat tiga bulan, red cherry memasuki masa ganti kulit. Dan itu merupakan masa yang paling rawan. "Masa peralihan dari kulit lama ke kulit baru membuat udang red cherry memiliki daya tahan yang lebih lemah terhadap virus penyakit dan saat itulah pembudidaya diharapkan lebih peka," jelas lelaki 45 tahun ini.

Saat itu, pembudidaya harus waspada terhadap serangan jamur. Untuk pakannya sendiri bisa diberikan cacing beku ataupun pelet ikan.

Penggunaan pelet ikan ini bisa menambah warna udang terlihat lebih segar. Namun bila tak mau repot memberi pakan, maka cukup dengan menaruhnya diantara tanaman aquascape.

Menurutnya tanaman aquascape yang ditumbuhi lumut menjadi makanan dari udang tersebut.

Pembudidaya lainnya, Zulfikri menambahkan, agar warana kulit udang semakin cantik perlu diberikan pakan dengan protein tinggi. Selain cacing, pembudidaya juga bisa memberikan makanan berupa adaging kerang.

Namun, pemberian pakannya jangan berlebihan. Udang ini cukup diberi makan satu kali dalam sehari. Pakan yang berlebihan dan tidak habis dimakan dalam satu hari akan mengakibatkan kualitas air menurun.

Kotoran sisa makanan yang terlalu banyak juga bisa menjadi racun bagi udang. "Kualitas air yang buruk bisa membuat udang rentan terkena penyakit," ujarnya.

Sementara airnya sendiri tidak boleh terlalu sering dikuras. Tapi, cukup dibersihkan lima bulan sekali. 
|

No comments:

Copyright © 2013. Aquascape Design - All Rights Reserved
Re-Design by ArtBAG, Design n Tech | Published by Aquascape Design