Monday 16 June 2014

Hemianthus Callitrichoides 'CUBA' (Cara Tanam dan Perbanyakan)

Labels: , ,
Hemianthus Callitrichoides 'CUBA'


Hemianthus callitrichoides adalah salah satu tanaman aquarium terkecil di dunia, daunnya berukuran beberapa milimeter tumbuh merambat dan bergerombol sehingga tanaman ini sangat cocok bila dijadikan tanaman bagian depan pada aquascape.


Menanam dalam  ukuran kecil dengan jarak beberapa centimeter dalam waktu 3 - 6 minggu akan menutup bagian depan seperti karpet.  Hemianthus callitrichoides (HC cuba) merupakan tanaman yang sangat menarik dan cocok untuk aquarium ukuran kecil.

HC cuba di pot emerse

Nama Spesies: Hemianthus callitrichoides 'cuba'
Synonym: Dwarf Helzine
Location: Cuba
Genus: Hemianthus
Family: Scrophulariaceae
Country: North America
Growth Rate: Moderate
Lighting: Low - High
pH Tolerance: 5.0-7.0
Hardness Tolerance: Very Soft - Hard
Demands: Moderate
Plant Type: Stem
Harga: -
Can Be Grown Emersed : Yes

Tanaman ini lebih mudah ditanam dengan cara emerse / darat (Dry Start Method) DSM dalam istilah aquascape. Dengan catatan kondisi harus lembab dan suhu harus dibawah 28 derajat Celcius jika ingin tumbuh optimal (meski pernah dilakukan percobaan tetap tumbuh baik dengan kelembapan 30 derajat Celcius). Dengan cara di semprot setiap pagi dan sore dengan itensitas cahaya cukup, 3 - 4 minggu tanaman ini akan tumbuh optimal.



HC cuba di cup dengan bagian bawah diberi air
Untuk merubah dari daun darat ke air dalam sebuah aquarium, diperlukan beberapa kondisi atau syarat yang harus di lakukan. HC cuba membutuhkan cahaya lebih dari 1 watt / liter, suhu 25 - 28 derajat Celcius. Dan pemberian CO2 15-25 mg liter (sumber : tropica). Waktu yang diperlukan minimal 3 minggu tergantung juga dengan media tanam yang digunakan. Pupuk tancap sangat disarankan sebelum ataupun sesudah menanam, pemberian pupuk cair micro dan macro bisa disesuaikan setiap 1x / minggu.

Jika dimulai dari emerse, disarankan pada 1 minggu pertama rutin setiap hari ganti air sebanyak 30 - 50 % dari total volume isi aquarium. Minggu ke 2 menjadi 2-3 hari sekali ganti air sebanyak 30 - 50 %, hingga minggu ke 4 bisa melakukan pergantian air sekali dalam 1 minggu. Intensitas cahaya harus lebih dari cukup, agar pertumbuhan tanaman ini bisa optimal.

Tambahan :
HC cuba jika ditumbuhkan secara darat / emerse memiliki kecenderungan terserang penyakit, tandanya dalam satu kelompok beberapa tanaman akan meleleh berwarna kecoklatan hingga hitam, bisa disebabkan oleh jamur atau sejenis serangga dengan ukuran sangat kecil, penyakit ini akan menyebar pada semua bagian tanaman dala kelompok tersebut. Untuk mencegah agar tidak terjadi hal sedemikian rupa, diperlukan penyemprotan pagi dan sore.

Contoh penggunaan HC cuba dalam aquarium :

sumber dari peserta IAPLC 2012 sangat terawat dan terlihat rapi.

Diperlukan perawatan agar didapat tampilan yang sangat bagus dan rapi, trimming atau pemotongan tanaman ini perlu dilakukan agar tanaman ini dapat terbentuk sesuai dengan keinginan kita.

|

No comments:

Copyright © 2013. Aquascape Design - All Rights Reserved
Re-Design by ArtBAG, Design n Tech | Published by Aquascape Design