Thursday 19 June 2014

Glossostigma Elatinoides (glosso) dan Cara Tanamnya

Labels: , ,
Perbanyakan Glosso dengan cara emersed


Nama Spesies: Glossostigma elatinoides
Synonym: Glossostigma elatinoides
Location: Australia
Genus: Glossostigma
Family: Phrymaceae
Country: Cosmopolitan
Growth Rate: Fast
Lighting: High
pH Tolerance: 5.0-7.0
Hardness Tolerance: Very Soft - Hard
Demands: Moderate
Plant Type: Stem
Harga: 0
Can Be Grown Emersed   : Yes

Contoh penanaman glosso pada awal setup Aquascape

Glossostigma Elatinoides atau lebih di kenal dengan glosso, merupakan tanaman jenis lain untuk digunakan sebagai tanaman karpet atau foreground. Glosso yang berasal dari benua Australia ini dipopulerkan oleh Takasi Amano pemilik ADA, dari Jepang. Glosso memiliki daun bulat berukuran 2-5 mm dengan ketinggian antara 2-3 cm.
Glosso sangat bagus digunakan untuk tanaman bagian depan, kebutuhan cahaya yang cukup tinggi serta di dukung dengan CO2 serta air dengan kondisi soft, mempercepat pertumbuhan tanaman ini.
Penanaman pada awal setup Aquascape, cukup dengan memotong bagian ujung sepanjang 1-2 cm, ditanam secara berkelompok dengan setiap kelompok terdiri dari 3-5 tanaman dengan ukuran pemotongan tadi. 
Tanam dengan jarak 1-2 cm setiap kelompok, agar mempercepat pertumbuhan tanaman ini. Glosso sangat mudah tumbuh atau mudah untuk dilakukan perbanyakan dengan cara di tanam secara emersed. 

Glosso dijual dalam bentuk pot *

Glosso yang sudah terbentuk sebagai tanaman karpet atau foreground *

Untuk perbanyakan kita bisa menyediakan wadah atau nampan kotak, isi dengan media tanam bisa berupa campuran pasir dengan kompos, atau kalau memiliki dana lebih kita bisa menggunakan media rock wool. Potong ujung tanaman induk sepanjang 1-2 cm, kumpulkan pada wadah yang telah di isi air terlebih dahulu. Sebelum menanam pastikan media tanam sudah terendam air, hingga terlihat seperti lumpur sawah. Tanam bagian yang sudah dipotong tadi pada wadah / media tanam dengan jarak tanam 1 - 2 cm.
Awal penanaman hindarkan terkena sinar matahari secara langsung, agar tanaman tidak layu dan mati. Lakukan penyemprotan dengan spray tiap pagi dan sore, dengan tujuan untuk mengusir serangga pengganggu yang suka menempel pada daun glosso. Untuk wadah berukuran cup di butuhkan waktu 3-4 minggu untuk bisa menutup permukaan cup.

3 minggu setelah tanam
|
Copyright © 2013. Aquascape Design - All Rights Reserved
Re-Design by ArtBAG, Design n Tech | Published by Aquascape Design